• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

PROFIL FAKULTAS SYARIAH

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, selanjutnya disebut STAIN, merupakan wujud-nyata dari alih status Fakultas Tarbiyah Pamekasan cabang IAIN Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Tarbiyah Pamekasan didirikan pada 20 Juli 1966 Masehi atau 2 Rabiul Akhir 1386 Hijriyah. Peresmian Fakultas Tarbiyah Pamekasan dilakukan oleh Menteri Agama RI, KH. Syaifuddin Zuhri, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 39 Tahun 1966. Pada awal berdiri sampai beberapa tahun lamanya, lokasi kampus masih menumpang di kompleks gedung Pendidikan Guru Agama Negeri/PGAN Pamekasan (sekarang Madrasah Aliyah Negeri/MAN 2 Pamekasan) di jalan KH. Wahid Hasyim 28 Pamekasan. Barulah pada tahun 1977 Fakultas Tarbiyah Pamekasan memiliki gedung sendiri, dibangun di atas tanah seluas 5000 m2 yang berlokasi di Jalan Brawijaya Nomor 5 Pamekasan.

Sejak awal berdiri sampai awal tahun 1987, kampus ini hanya menyelenggarakan program pendidikan Sarjana Muda (Bachelor of Arts/BA) Jurusan Pendidikan Agama Islam/PAI yang kemudian merevitalisasi menjadi program pendidikan dalam jenjang Sarjana Strata Satu (S1) karena program BA tersebut berakhir. Pada rentang waktu tahun 1966 hingga 1998 kampus ini berhasil mewisuda ratusan sarjana (sarjana muda dan sarjana lengkap). Pada tahun 1997 Presiden RI menerbitkan Keputusan Presiden/KEPPRES Nomor 11 Tahun 1997 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri di seluruh Indonesia. KEPPRES itu kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: E/136/1997 tentang Alih Status dari Fakultas Daerah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri pada 30 Juni 1997. Sejak saat itu, Fakultas Tarbiyah Pamekasan berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Peresmian alih status ini dilakukan di Jakarta pada 21 Maret 1997 Masehi atau 12 Dzulqaidah 1417 Hijriyah. Perubahan status IAIN-cabang/Fakultas-daerah menjadi STAIN berprospek positif, karena berarti STAIN memiliki kewenangan atau otonomi dalam penyelenggaraan dan pengembangan manajemen pendidikan tinggi secara kreatif sesuai kapasitas, potensi, dan kebutuhan nyata. Sejak beralih status, STAIN dengan dua Jurusan Tarbiyah dan Jurusan Syariah terus berkembang secara signifikan.

Sejak dibukanya Jurusan Syari’ah STAIN Pamekasan bersamaan dengan reformasi IAIN Pamekasan dibawah naungan IAIN Surabaya tahun 1997 menjadi STAIN Pamekasan, Jurusan Syari’ah hanya memiliki satu Program Studi yaitu Al Ahwal Al Syakhshiyyah (HKI) Akreditasi B. Dalam perkembangannya sejak tahun 2008 Jurusan Syari’ah dapat membuka Program Studi lagi yaitu Perbankan Syari’ah (PBS) akreditasi B sehingga Jurusan Syari’ah berubah nama menjadi Jurusan Syari’ah dan Ekonomi pada tahun 2012. Keberadaan PBS sangat mendongkrak jumlah mahasiswa di Jurusan Syari’ah dan Ekonomi, dan terus diminati oleh masyarakat. Pada tahun 2013 Jurusan syari’ah diberi amanah untuk membuka program studi lagi yaitu Ekonomi Syari’ah (ES) dan Hukum Ekonomi Syari’ah (HES). Alhamdulillah peminatpun luar biasa, di tahun 2015 jurusan syari’ah dan ekonomi mendapatkan ijin lagi pembukaan program studi Akuntansi Syariah, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IQT), dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Sejak 2014 Jurusan Syari’ah berbenah pada spesifikasi jurusan dan penamahan program studi, pada September 2015 terjadilah pemisahan jurusan menjadi Jurusan Syari’ah dengan program studi HKI, HES,  IQT dan KPI, sedangkan jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam dengan program studi PBS, ES, dan Aks.

Dalam perkembangannya Jurusan Syari’ah khususnya prodi HKI dan HES berkomitmen pada Hukum Islam terus mengembangkan keilmuannya dengan tetap fokus pada visi dan misi guna mencetak para alumni untuk menguasai bidang hukum islam dan mempersiapkan untuk menjadi Hakim, Penghulu Advokad, Konsultan, DPS, legal di perbankan syariah, peneliti  dan praktisi lainnya. Begitu juga Jurusan harus memberikan komitmen, layanan yang sama kepada dua prodi IQT  yang menginginkan lulusan yang Unggul, terkemuka, kompetitif dalam pengembangan kajian Ilmu Al-Quran dan Tafsir berbasis riset akademik yang profesional berdimensi keislaman dan keindonesiaan dan Prodi  KPI yang menginginkan lulusan yang Unggul dan kompeten dalam menyiapkan ahli dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang profesional untuk menuju kemandirian dengan core base kompetensinya utamanya dengan bersinergis dengan visi-misi Jurusan syariah. Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan, selain selalu berbenah pada kurikulum, pemanfaatan beragam laboratorim, pembentukan konsorsium keilmuan yang terpenting juga dibidang praktik lapangan. Setelah Alih Status diharapakan prodi HKI dan HES dalam bagian fakultas Syariah, Prodi IQT sebagai cikal bakal Fakultas Ushuluddin, Prodi KPI sebagai cikal bakal Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang secara sinergis bersama-sama jurusan syariah menatap masa depan kesana menuju IAIN Madura.

Fakultas Syariah lahir setelah ditandatanganinya Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2018 tentang IAIN Madura. Peraturan Presiden ini diundangkan ke dalam Lembaran Negara oleh Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Nomor 51 tahun 2018, pada tanggal 7 April 2018. Dengan lahirnya Peraturan Menteri Agama RI Nomor 34 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Madura Madura maka IAIN Madura resmi dengan empat Fakultas diantaranya adalah Fakultas Syariah IAIN Madura. Sampai saat ini, Fakultas Syariah IAIN Madura aktif dengan dua Program Studi yaitu Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) dengan gelar akademik (S.H.) dengan status akreditasi A. Kemudian Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dengan gelar akademik (S.H.) dengan status akreditasi B.

 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 1 User
Total Hits 102164 Hits
Hari Ini 417
Kemarin 1315
Bulan Ini 16219
Tahun Ini 211097
Total 284950