• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

LABORATORIUM ASTRONOMI

OBSERVATORIUM  JOKOTOLE IAIN MADURA

LATAR BELAKANG

Ilmu falak merupakan mata kuliah wajib yang ada di Fakultas Syariah IAIN Madura. Falak yang berarti orbit membicarakan tentang angkasa dengan benda-bendanya yang dikenal dengan benda langit. Diantaranya bintang, planet dan setelit. Ketiga jenis benda langit tersebut dapat diamati dengan menggunakan bantuan teleskop.

Laboratorium ilmu falak sudah memiliki beberapa peralatan seperti teleskop dan theodolite untuk mendukung praktikum ilmu falak. Namun sifatnya tidak permanen dalam satu tempat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah observatorium yang lengkap dengan kubah/domenya untuk melindungi peralatan yang dipasang secara permanen di dalamnya. Dengan demikian, para pengamat dapat langsung mengoperasionalkan peralatan tanpa melakukan bongkas pasang terlebih dahulu karena sudah dipasang secara permanen.

Observatorium Jokotole IAIN Madura merupakan observatorium satu-satunya di pulau Madura. Dan observatorium kedua di Jawa Timur setelah Observatorium Watoe Dhakon IAIN Ponorogo. Dengan adanya observatorium ini diharapkan kepada masyarakat berkunjung untuk mengamati benda-benda langit yang sangat indah sekali sebagai wawasan dan pengetahuan terhadap benda-benda angkasa. Karena observatorium ini terbuka untuk umum.

TUJUAN

Tujuan pembangunan observasi ini adalah untuk menambah skill/keterampilan mahasiswa Prodi HKI/AHS dalam melakukan rukyatul hilal. Mengingat di Prodi HKI/AHS terdapat mata kuliah Ilmu Falak dan materi kuliah Kalender dan Hisab Rukyat. Selain itu, pembanguna observatorium ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat terutama ormas Islam untuk melakukan rukyatul hilal.

SARANA

Observatorium Jokotole IAIN Madura memiliki kubah/dome yang terbuat dari fiber dengan diameter 3 meter dan ketinggian 2 meter. Kubah ini dapat berputar 360 derapat secara horizontal dan terdapat pintu serta jendela untuk pengamatan yang pintunya dapat dibuka secara vertikal. Kubah/dome ini di buat oleh negara Polandia.

Selain kubah/dome, di dalamnya terdapat teleskop yang dipasang secara permanen untuk pengamatan benda-benda langit terutama pada malam hari. Teleskop dengan merk GSO 10’ f/8 RC optical truss tube OTA lengkap dengan eye piecenya. Teleskop tersebut di dudukan pada Mounting ioptron CEM 60 yang ditopang dengan pier (yang berfungsi sebagai tripod permanen). Untuk merekam fisik atau citra benda langit, teleskop ini dilengkapi dengan detektor ZWO ASI 183 MC pro yang harus dihubungkan dengan laptop.

LOKASI

Lokasi observatorium terletak di lantai 4 gedung I pada ketinggian 46 meter diatas permukaan air laut. Sedangkan titik koordinatnya adalah 7 derajat 11 menit 58,2 detik busur  lintang selatan dan 113 derajat 28 menit 22,9 detik busur bujur timur. Luas area =/- 84 meter persegi.

MANFAAT

Observatorium ini digunakan untuk kegiatan:

  1. Observasi hilal muda dan hilal tua;
  2. Bulan purnama dan gerhana bulan;
  3. Gerhana matahari;
  4. Pengamatan bintang;
  5. Pengamatan planet-planet; dan
  6. Pengamatan benda-benda angkasa lainnya.

KEGIATAN

Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan observatorium ini antara lain;

  1. Rukyatul hilal setiap akhir bulan hijriyah;
  2. Pengamatan bulan sabit tua;
  3. Pengamatan gerhana bulan;
  4. Pengamatan gerhana matahari;
  5. Kegiatan lain secara insidental.

 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 1 User
Total Hits 88599 Hits
Hari Ini 558
Kemarin 709
Bulan Ini 6222
Tahun Ini 57173
Total 131026