• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

Kuliah Tamu Prodi Hukum Keluarga Islam: Peluang Sarjana Syariah Sebagai Praktisi Hukum






Pamekasan, Kamis, 27 Februari 2020. Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Madura mengadakan kuliah tamu yang bertema “Peluang Sarjana Syariah Sebagai Praktisi Hukum”. Kuliah tamu tersebut menghadirkan narasumber Ketua Pengadilan Agama Sumenep yakni Bapak Drs. Subhan Fauzi, S.H., M.H. Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa Hukum Kuluarga Islam dan dosen Fakultas Syariah IAIN Madura.


Dalam kesempatan tersebut Drs. Subhan Fauzi, S.H., M.H. menyampaikan regulasi tentang kehakiman dan proses rekrutmen hakim, serta permasalahan di Mahkamah Agung yang membutuhkan banyak sekali hakim-hakim muda dan berintegritas. Selain itu, beliau juga memotivasi untuk semua mahasiswa agar selalu semangat belajar dan membaca kitab kuning. Hal ini penting karena salah satu syarat khusus untuk menjadi hakim di lingkungan Pengadilan Agama adalah mampu membaca dan memahami kitab kuning. Kitab kuning menjadi bagian tak terpisahkan dari Pengadilan Agama, karena materi-materi hukum pada kasus-kasus yang belum ada hukumnya akan dicari dan diputuskan dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada di kitab kuning.


 


“Kegiatan ini sangat penting, karena saat ini gelar untuk Strata 1 (S1) Fakultas Syariah itu adalah Sarjana Hukum (S.H.) sehingga lulusan dari Fakultas Syariah memiliki kompetensi menjadi praktisi hukum, diantaranya adalah advokat, jaksa, panitera, dan hakim yang wilayahnya di lingkungan pengadilan.” Tutur Kudrat Abdillah selaku moderator di acara tersebut.


“Selama ini belum ada alumni Fakultas Syariah yang menjadi hakim.  Titik permasalahannya terletak pada ketakutan mahasiswa dengan adanya ujian baca kitab kuning. Nah, dengan diadakannya acara tersebut agar mahasiswa merasa termotivasi untuk menjadi hakim. Sebenarnya juga, tidak hanya baca kitab kuning saja yang perlu dipersiapkan, tapi hal-hal yang lain juga perlu di persiapkan seperti tahap Seleksi Kompetensi Dasar yang menggunakan sistem CAT, karena lolos CAT menjadi gerbang untuk tahap selanjutnya” Imbuhnya.


Acara yang dimulai sejak jam 09.30 – 12.00 tersebut diikuti oleh peserta kuliah tamu dengan tertib dan khidmat. Narasumber juga memberikan materi tentang langkah-langkah mulai dari pendaftaran sampai dinyatakan lulus menjadi hakim di Pengadilan Agama. Narasumber mengapresiasi mahasiswa yang bersemangat untuk memiliki cita-cita menjadi hakim, khususnya hakim di Pengadilan Agama.


“Alhamdulillah acara ini sangat membantu sekali kepada mahasiswa yang bercita-cita menjadi hakim, dari acara tersebut saya bisa belajar untuk bagaimana menjadi seorang hakim yang baik dengan beberapa kriteria yang disampaikan salah satunya adalah memahami kitab kuning.” Kata Nur Holis Majid prodi HKI semester 2 salah satu peserta kuliah tamu.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 105431 Hits
Hari Ini 730
Kemarin 1107
Bulan Ini 13354
Tahun Ini 240039
Total 313892