• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

Ditengah Pandemi Covid-19, IAIN Madura Lakukan Rukyatul Hilal di Observatarium Joko Tole






Pamekasan, Kamis, (24-04-2020). Setiap Tahun, Setiap awal bulan puasa IAIN Madura melakukan Rukyatul Hilal, Rukyatul Hilal dilaksanakan untuk menentukan awal bulan puasa. Biasanya dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal dihadiri oleh beberapa Dosen dan juga sebagian Mahasiswa IAIN Madura yang ingin menyaksikan secara langsung Rukyatul Hilal tersebut.


Namun situasi berbeda terjadi pada tahun ini, wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona (Coronavirus disease 2019/Covid-19). Dimana dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal pada tahun ini hanya di hadiri oleh undangan khusus yakni BHR NU, lembaga falakiyah NU, dan penyelenggara syariah Kementrian Agama Pamekasan.


Pada kesempatan tersebut Ketua Falakiyah IAIN Madura Hosen mengatakan, kegiatan kali ini tidak di perkenankan Dosen maupun Mahasiswa IAIN Madura hadir langsung dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut.


“Sekalipun tidak bisa hadir langsung, tapi kami mengadakan live vidio streaming di akun facebook Fakultas Syariah IAIN Madura yang bisa disaksikan oleh semua pihak.” Imbuhnya.


“Alhamdulillah live streaming yang diadakan oleh Lab. Syariah IAIN Madura sangat membantu sekali, karena dengan itu saya bisa ikut menyaksikan Rukyatul Hilal yang diadakan oleh Lab. Syariah IAIN Madura.” Tutur Agus Salim yang ikut menyaksikan live streaming di Facebook.


”Kegiatannya sangat bagus walaupun tidak bisa diikuti oleh banyak orang, karena cara seperti itu merupakan cara yang baik disituasi dan kondisi yang seperti ini.” Imbuhnya.


Dalam kegiatan tersebut Lab. Syariah menggunakan alat bantu yaitu teleskop, alasan diadakannya Rukyatul Hilal yaitu untuk mengetahui awal bulan puasa tahun 1441 H, kegiatan yang dilakukan di Observatorium Joko Tole IAIN Madura itu dimulai sejak jam 17.00 – 18.00 WIB, namun Lab. Syariah tidak bisa melihat hilal secara jelas karena terhalang oleh awan yang sangat tebal.


“Sekalipun kami tidak bisa melihat hilal, tapi kami mendapatkan informasi lewat Zoom Meeting bahwa Rukyatul Hilal yang dilakukan di PP. Baitul Hikmah Pasuruan dan Bukit Condrodipo Gresik berhasil melihat Hilal.” Terang Farid.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 105425 Hits
Hari Ini 718
Kemarin 1107
Bulan Ini 13342
Tahun Ini 240027
Total 313880