• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

PRODI HUKUM TATA NEGARA FAKULTAS SYARIAH LAKUKAN PENGABDIAN






MEDIA CENTER FASYA – Kamis (17/12/2020), Pasca pelaksanaan PILKADA serentak 2020, Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) Fakultas Syariah IAIN Madura lakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Kamis, 10-12-2020). Kegiatan yang mengusung tema “Pilkada Sehat dan Demokratis Untuk Masyarakat Sejahtera dan Berdaulat” merupakan bentuk partisipasi prodi HTN Fasya IAIN Madura dalam rangka turut serta mengawal dan mensukseskan tujuan digelarnya pesta demokrasi di daerah, yakni terpilihnya sosok pemimpin daerah yang mampu memajukan daerah, menentramkan dan mensejahterakan rakyat.


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Aula Madrasah Aliyah Nasy-atul Muta’allimin Candi, Dungkek, Sumenep bekerjasama dengan IPNU-IPPNU tepat sehari pasca pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sumenep. Tidak kurang 80 orang peserta yang hadir meramaikan acara ini, yang terdiri dari unsur akademisi, tokoh masyarakat, aktivis sosial-keagamaan, mahasiswa dan beberapa perwakilan dari anggota IPNU-IPPNU Nasy-atul Muta’allimin. Turut pula hadir menyukseskan acara ini jajaran Dekanat Fakultas Syariah IAIN Madura, yakni; Dr. Maimun, M.Ag (Dekan), Dr. Erie Harianto, MH. (Wadek I), dan Dr. Umi Supraptiningsih (Wadek II), para ketua prodi, serta beberapa dosen Fakultas Syariah dan Pasca sarjana IAIN Madura.


Dalam sambutanya, Dekan Fakultas Syariah menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian saat ini dilaksanakan berbasis Program Studi. Oleh sebab itu tiga Program Studi yang ada di Fakultas Syariah IAIN Madura, yakni; Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah), Prodi Hukum Ekonomi Syar’ah (HES), dan Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) sama-sama melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengambil tema yang sesuai dengan karakter keilmuan masing-masing prodi.


Acara ini dikemas dalam desain acara “Diskusi Santai” dengan menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya adalah K. A Dardiri Zubairi wakil ketua PC NU Kabupaten Sumenep. Dalam sambutanya ketua prodi HTN IAIN Madura, Achmad Faidi, MA., LL.M. menyampaikan bahwa  tema yang diangkat pada kegiatan PKM HTN kali ini dalam rangka refleksi ketata-negaraan pasca Pilkada serentak berlangsung, disamping mengevaluasi dinamika pelaksanaan pilkada, juga bermaksud untuk mengajak masyarakat akan pentingnya mengedapankan nilai-nilai politik islam, politik yang sehat tanpa disertai dengan praktek  politik kotor;  seperti Money Politic atau Riswah Siyasah serta beberapa bentuk perilaku politik tidak terpuji lainnya. Ahmad Faidi menegaskan bahwa Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Madura akan selalu istiqamah, dan terus berikhtiar meluruskan pemahaman politik ketatanegaraan masyarakat yang akhir-akhir ini cenderung tersandera dan terbajak oleh derasnya arus pemikiran politik pragmatis.


Para tokoh dan narasumber yang hadir dalam acara ini sangat mengapresiasi dan menyambut baik akan program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan IAIN Madura. Seperti disampaikan oleh salah satu narasumber bahwa kegiatan pengabdian semacam ini dapat menjadi media “urun rembuk” antara akademisi dan masyarakat untuk mencarikan solusi penyelesaian segala problematika kebangsaan dan ketatanegaraan yang muncul akhir-akhir ini. (Red)


 


Website : Fakultas Syariah - IAIN MADURA


Email : Fakultas Syariah - IAIN Madura


Instagram : Fakultas Syariah IAIN Madura


Facebook : Fakultas Syariah Iain Madura


YouTube : Fasya IAIN Madura TV



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 1 User
Total Hits 133622 Hits
Hari Ini 424
Kemarin 687
Bulan Ini 9931
Tahun Ini 120604
Total 568145