• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

Akreditasi LKBH Fakultas Syariah IAIN Madura






LKBH IAIN MADURA MENUJU AKREDITASI PERIODE 2022-2024


Selasa, 31 Maret 2021


Pamekasan - Terhitung sejak satu tahun terakhkir Tim Verifikasi dan Akreditasi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAIN Madura disibukkan dengan mempersiapkan dokumen-dokumen berkenaan dengan ketentuan yang diamanatkan oleh PERMENKUMHAM Nomor 3 Tahun 2013 Tentang  Tata Cara Verivfikasi dan Akreditasi Lembaga Bantuan Hukum atau Organisasi Kemasyarakatan, baik dokumen yang bersifat litigasi, non litigasi maupun yang bersifat administratif lainnya.


Dilihat dari segi usia, LKBH ini masih tergolong balita (di bawah lima tahun) mengingat LKBH dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor tertanggal 24 Januari 2017. Akan tetapi kontribusi riil LKBH IAIN Madura terhadap masyarakat pencari keadilan cukup signifikan, khususnyaa masyarat yang terkategori kurang mampu. Sebagai salah satu Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang berdiri di bawah naungan Perguruan Tinggi Negeri, tentu LKBH IAIN Madura bercita-cita besar untuk membantu negara dalam upaya memberantas praktik ketidakadilan yang terjadi pada masyarakat berekonomi rendah.


LKBH IAIN Madura tidak puas hanya dalam proses pendampingan di persidangan saja , LKBH IAIN Madura terus berekspansi dan berupaya keras dalam pendampingan di luar persidangan, mulai dari ; Penyuluhan Hukum, Sosialisasi Hukum, Legal Drafting, pengkajian-pengembangan hukum, Konsultasi Hukum, Pengaduan Hukum hingga Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Semua ini dilakukan untuk mengkonstruksi pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang hukum sebagaimana amanat UUD NRI.


Harapan stakehoders IAIN Madura, lahirnya LKBH IAIN Madura tidak hanya disajikan sebagai wadah bagi masyarakat eksternal, LKBH IAIN Madura pun berfungsi sebagai media pengembangan intelektualitas masyarakat internal kampus  (mahasiswa), terkhusus mahasiswa yang berkonsentrasi di bidang hukum. Dengan harapan LKBH IAIN Madura turut andil dalam membangun mahasiswa hukum menjadi lulusan yang berkualitas, kompetitif, dan siap pakai.


Dalam rangka menggapai mimpi agung LKBH IAIN Madura, maka dirasa perlu terus istiqomah berbenah dalam memberikan layanan hukum kepada masyarakat secara optimal, baik dari segi manajemen administratif maupun pelayanan yang prima. 


Alhamdulillah ikhtiar Tim Verifikasi dan Akreditasi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAIN Madura mulai menuai hasil yang memuaskan, meskipun verifikasi belum tuntas. Pada hari Senin, 30 Maret 2021, Direktur LKBH IAIN Madura (Sulaisi Abdur Razaq) bersama Tim Verifikasi dan Akreditasi LKBH IAIN Madura diundang oleh Tim Verifikasi KEMENKUMHAM JATIM dalam rangka Verifikasi Fatual data yang di-upload melalui SIDBANKUM. Alhasil, seluruh data yang diverifikasi oleh Tim Verifikasi KEMENKUMHAM JATIM dinyatakan diterima tanpa ada catatan serius.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 1 User
Total Hits 133603 Hits
Hari Ini 381
Kemarin 687
Bulan Ini 9888
Tahun Ini 120561
Total 568102