• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura

KPM 2021 IAIN MADURA: Mahasiswa dan Masyarakat Bekerja Bersama Bangkit dan Tetap Tangguh di Tengah Pandemi Covid-19






KAMPUS IAIN MADURA Pelaksanaan KPM : 9 Juni - 11 Juli 2021 dengan melibatkan 1928 total mahasiswa KPM. Tujuan KPM MDR :  bertujuan pertama  Agar dapat mengamalkan ilmu teori yg didapat dari kampus kedua Menemukan solusi praktis bersama masyarakat, KPM MDR yg telibat mahasiswa, DPL, masyarakat. Model KPM MDR ini: (1) Dilakukan individu/secara mandiri oleh masing² siswa dirumah dengan cangkupan desa mahasiswa; (2)  Peserta boleh melakukan  pendampingan pada masyakarat secara bersama dengan peserta lain yg satu desa, dengan ketentuan sudah mendapat persetujuan DPL, masyarakat setempat dan ttp memperhatikan protokal Kesehatan; (3) Peserta boleh melakukan pendampingan/pengabdian masy sesuai minat kemampuan meskipun tidak linier dengan prodinya. (4) DPL mendampingi dan mengawasi dan memberikan nasehat pada mahasiswa melalui daring. Sebagaimana disampaikan dalam  Pembekalan oleh  WR 1 Bapak Dr. H. Nor Hasan, M.Ag


Laporan yg harus dilakukanoleh peserta adalah Laporan mingguan berupa laporan visual (foto, video dan narasi video) dan laporan akhir berbentuk artikel yg menarasikan seluruh alur KPM dan disetujui DPL dan di upload pada link yg sudah disediakan LP2M. Artikel ini diharapkan mampu masuk kepada jurnal pendidikan ttg pengabdian masyarakat. Disampaikan oleh Ketua LPPM Bapak Drs. Mashur Abadi ada 3 hal Hal yg paling mendasar, model pelaksanaan KPM MDR : pertama Cangkupan wilayah kerja KPM adalah desa, Kedua Peserta dianjurkan untuk melakukan pengabdian di desa masing² ttp mematuhi protokol kesehatan. Ketiga Yg membedakan KPM MDR th ini adalah penekanan pada pendorongan mahasiswa memiliki jiwa pengabdi yg mampu mendampingi masyarakatnya lebih baik di tengah pandemi.


Karena peserta melakukan KPM di desa masing-masing maka peserta bisa melakukan pengabdian sesuai dengan minat kemampuan dan menghasilkan literasi desanya. Sehingga laporan akhir KPM ini berbentuk artikel. Kemudian hal yg membedakan dengan teknis sebelumnya, pembimbingan thd penulisan artikel harus sesuai dengan arahan DPL. Laporan perminggu berupa foto, video dan narasi teks yg ditanda tangani DPL kemudian di unggah ke link sebagai bukti. Isi dari artikel/literasi desa untuk laporan KPM MDR 2021 yaitu menuliskan permasalah, potensi, peluang desanya masing-masing. Mahasiswa ditekankan pada kemampuan literasi desa dan cangkupan wilayah kerjanya desa bukan hanya lingkungan rumah sehingga ada outcomenya berupa laporan yg berbentuk artikel pengabdian berbasis penelitian. (Source: https://youtu.be/MEuMqmE_1Qc)



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 142218 Hits
Hari Ini 465
Kemarin 1152
Bulan Ini 36038
Tahun Ini 212678
Total 660219