• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fasya@iainmadura.ac.id
  • Instagram : fasya.iainmadura
 

KEPALA LABORATORIUM HADIR DALAM WORKSHOP LABORATORIUM FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM (ICoSLAW) 2022 DI UIN SURABAYA






Bertempat di Gedung A Twin Tower UIN Sunan Ampel Surabaya, Fakulas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Perhimpunan Laboratorium Syariah dan Hukum (PLSyH), Asosiasi Prodi Falak Indonesia (APFI) dan Asosiasi Dosen Falak Indonesia (ADFI) menyelenggarakan workshop tentang Standarisasi Tata Kelola Laboratorium Syariah dan Hukum dan Laboratorium Falak di PTKI se-Indonesia.


Workshop yang dilaksanakan selama 3 hari, 2-4 Agustus 2022 dibuka oleh 2 Keynote Speaker yaitu Prof. Akh, Muzakki, M. Ag. Grad. Dip, SEA, M. Phil, Ph. D. (Rektor UIN Surabaya) dan Prof. Dr. H. Ahmad Tholabi, S. Ag., S. H., M. H., M. A., (Ketua Forum Dekan Fakuktas Syariah dan Hukum se Indonesia). Kegiatan ini meneguhkan sebuah tema, yaitu Standarisasi Tata Kelola Laboratorium Syariah dan Hukum dan Laboratorium Falak di PTKI se Indonesia. Karena itu, target utama kegiatan ini adalah teroptimalnya peran laboratorium dalam membina dan mengembangkan skill keilmuan mahasiswa.


Hampir semua perwakilan PTKIN dan PTKIS hadir mengikuti kegiatan tersebut, diantaranya Fakultas Syariah IAIN Madura yang diwakili oleh Wakil Dekan I (H. Achmad Mulyadi, M.Ag), Kepala Laboratorium Fakultas Syariah (Achmad Faidi, MA., LL.M.), dan Dosen Ilmu Falak yang sekaligus penanggung jawab Observatorum Jokotole IAIN Madura (Hosen, MHI). Ketua PLSyH Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Nur Hasanah, menyampaikan bahwa dalam sejarahnya, laboratorium di Fakultas Syariah dan Hukum sudah lama ada seiring dengan keberadaan Fakultas Syariah. Namun sampai hari ini kondisinya masih beragam, baik dari aspek positioningnya dalam ORTAKER perguruan tinggi, nama dan dan jenisnya sehingga membutuhkan persepsi bersama untuk memaksimalkan.


Pada hakikatnya, Laboratorium di Perguruan Tinggi dapat berperan sebagai lembaga pengembangan pendidikan dan pengajaran, wadah penelitian bagi mahasiswa dan dosen, serta pengembangan pengabdian masyarakat. Sisi lain yang dibahas dalam workshop ini adalah tentang penyamaan persepsi tentang nomengklatur mata kuliah pada Program Studi Ilmu Falak yang ada di UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Mataram, UIN Makassar dan IAIN Malikussaleh Lhokseumawe Aceh. Sementara Asosiasi Dosen Falak Indonesia membahas berkait dengan agenda ke depan untuk reformasi kepengurusan, rencana kegiatan, dan pemberdayaan dosen-dosen ilmu falak melalui jurnal asosiasi.


Kontributor: AdminFasya



 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang Website Jurusan Syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Pilih polling sekarang
  • Kamis, 20 Oktober 2016
    Oleh : Arif Wahyudi, M.A.
    Kuliah Hadits
    Download
  • Selasa, 13 September 2016
    Oleh : H. Achmad Mulyadi, M.Ag.
    Ilmu Falak I
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Kamis, 1 September 2016
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Peradilan di Indonesia
    Download
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran
Mempersiapkan Alumni Jurusan Syari’ah

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 224404 Hits
Hari Ini 25
Kemarin 823
Bulan Ini 3655
Tahun Ini 185224
Total 1060029