Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

BENCHMARKING FASYA UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA DI FASYA IAIN MADURA

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Rabu, 22 Mei 2024
  • Bagikan ke

Benchmarking adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis saat membandingkan sesuatu. Dalam dunia bisnis istilah ini kerap digunakan dalam manajemen strategi bisnis sebagai standar tolok ukur yang bisa dibandingkan dan digunakan untuk menilai suatu hal. Karena itu, benchmarking adalah teknik manajemen untuk mengukur hasil kerja (performa) organisasi, dengan membandingkannya pada ukuran terbaik yang dikenal di lingkungan eksternal organisasi.

Strategi ini kemudian diadopsi oleh berbagai perguruan tinggi Islam untuk mengukur pencapaian satu perguruan tinggi Islam dengan perguruan tinggi Islam yang lain. Sebuah perguruan tinggi keagamaan Islam tertentu perlu belajar kepada perguruan tinggi keagamaan lain yang mencapai kinerja tingkat tinggi dengan proses serta strategi yang mereka gunakan untuk mempertahankan kesuksesan tersebut.

Untuk tujuan itulah Fakultas Syariah Raden Mas Said Surakarta melaksanakan benchmarking di Fakultas Syariah IAIN Madura pada hari Rabu, 22 Mei 2024. Ada 3 aspek yang menjadi tujuan rombongan Tim Dekan Fasya UIN RMS Surakarta, yaitu pengelolan PKM Internasional, Jurnal Internasional Bereputasi “Jurnal al-Ihkam” dan Observatorium Jokotole serta Penanda Tanganan MoU. Tiga diantaranya dilakukan di Fakultas Syariah IAIN Madura, karena itu, tim RMS tersebut diterima di Aula Fasya IAIN Madura.

Tim RMS Surakarta, yang sedianya oleh Dekan, dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, yaitu Dr. Sidik, M. Ag., Ikut bersama rombongan adalah WD 2, H. Masrukhin, M. H., WD 3, Dr. Fairuz Sabiq, M. S. I., Sekjur HES, Masjupri, M. Hum., Korprodi HPI, Junaidi, M. H., Korprodi HKI, Seno Aris Sasmito, Korprodi MAZAWA,  Betty Eliya Rokhmah, M. Sc., Korprodi HES, Umi Rohmah, M. S. I., Kabag TU, Mahabbatul Mudrikah, S, E., Ketua GKM, Ning Karnawijaya, M. S. I., dan Tim AIPT, Moch. Rusli, S. E., M. M.

Pertemuan ini disambut oleh Tim LP2M, Tim Jurnal dan Tim Fakultas Syariah IAIN Madura. Dalam sambutannya, Kepala LP2M, M. Masyhur Abadi, M. A., sebagai wakil dari Rektor IAIN Madura, menyampaikan bahwa kedatangan Tim RMS Surakarta di IAIN Madura adalah sebuah kehormatan karena memang tagline semboyan kita adalah religius, kompetitif dan kolaboratif, yang membuka selebar-lebarnya kolaborasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, seperti program KKN Kolaboratif antar Perguruan Tinggi. Di samping itu, pertemuan ini adalah pertemuan revitalisasi karena sesungguhnya hubungan Madura dan Surakarta adalah hubungan yang sangat lama, dimana permaisuri Pakubuwono melahirkan para Sunan. Jadi kita dapat melakukan kolaborasi, maju bersama bekerjasama mengembangkan kajian Islam Nusantara dan meningkatkan kualitas pengelolaan perguruan tinggi kegamaan Islam di Indonesia. Akhirnya, forum benchmarking itu dilanjutkan dengan proses diskusi antara kedua tim yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah IAIN Madura, Dr. H. Achmad Mulyadi, M. Ag. Hasilnya yaitu, pertama, keduanya sama-sama saling belajar, kedua, FS RMS Surakarta akan mengikuti jejaring (networking) yang dimiliki IAIN Madura, ketiga, akan diadakan pendalaman tindak lanjut berkait pengelolaan jurnal dan observatorium. Semoga bermanfaat.

Admin Fasya.