Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI HUKUM TATA NEGARA: UKUR CAPAIAN KINERJA DAN LAYANAN PROGRAM STUDI FAKULTAS SYARIAH SESUAI STANDAR BAN-PT.

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Selasa, 14 Mei 2024
  • Bagikan ke

Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Madura menjalani visitasi akreditasi secara luring dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada hari senin-selasa, 13-14 Mei 2024 melalui perwakilan dua asesor yakni Dr. H. Supriyadi Ahmad, M. A dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Siti Rochmiyatun, M. Hum. dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Hadir dalam kegiatan visitasi ini, yaitu Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful HAdi M. Pd. dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Maimun Nawawi, M. H., Ketua dan Tim LPM, Sekretaris LPPM dan Kepala Unit-Unit lain IAIN Madura, serta lembaga mitra (Ketua KPUD dan Ketua PN Pamekasan). Visitasi ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr.Hj. Siti Musawwama, M. Hum. serta Para Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan Fasya serta segenap dosen  khususnya Program Studi HTN yang dilaksanakan tanggal 13-14 Mei 2024 di Aula Fakultas Syariah IAIN Madura. Dalam penyambutannya, Dekan Fakultas Syariah menyematkan Odeng dan Kalung Batik Kepada Tim Asesor.

Kegiatan visitasi ini dimulai pukul 08.00 WIB di Aula Fakultas Syariah Lantai 1. Dalam sambutannya, Dekan Fakutas Syariah, Prof. Dr. Hj. Siti Musawamah, M. Hum., menyampaikan pentingnya proses akreditasi program studi, yang bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar. Karena itu, Dekan mendorong Prodi-Prodi di lingkungan Fakultas Syariah, khususnya Program Studi HTN Fasya IAIN Madura atas masukan dan bimbingan para asesor untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Untuk itu, proses visitasi ini wajib dijadikan tolak ukur capaian kinerja dan layanan program studi sesuai standar BAN-PT“. Sambut Dekan.

Sementara itu, Bapak Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd. menyampaikan bahwa  akreditasi merupakan hal yang sangat penting, berharap visitasi akreditasi ini memberikan status Program Studi HTN yang baru pertama ini menjadi unggul“. Harapnya.

Di samping itu, Asesor BAN-PT, Bapak Dr. H. Supriyadi Ahmad M. A, selaku ketua tim menyampaikan bahwa BAN-PT melakukan akreditasi bagi semua institusi, perguruan tinggi di Indonesia. Akreditasi institusi perguruan tinggi, fakultas, dan prodi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan Pendidikan. Untuk itu, visitasi ini adalah proses penilaian lapangan untuk melakukan validasi antara data yan terdapat dalam Borang dengan kondisi obyektif yang ada di lapangan. Dalam kesempatan ini, kami melakukan klarifikasi dan verifikasi terhadap borang akreditasi yang sudah disusun dan meninjau fakta dan kondisi lapangan ke unit-unit kerja di tingkat fakultas, dan program studi sesuai dengan borang akreditasi program studi  yang telah disusun, “. Sambutnya.  Alhamduliallah, proses visitasi akreditasi berjalan lancar atas dukungan doa semua pihak khususnya seluruh civitas akademik Fakultas Syariah, baik Dosen Homebase Program Studi HTN dan Tenaga Tendik.

@Admin Fasya