Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

TRADISI AKADEMIK DAN PUBLIKASI ARTIKEL MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DI JURNAL BEREPUTASI TAHUN 2024

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Jumat, 10 Januari 2025
  • Dilihat 103 Kali
Bagikan ke

Program kegiatan pesantren penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Madura membuahkan hasil yang signifikan. Bebagai aspek positif telah dirasakan oleh para mahasiswa, mulai dari mendalamnya pemahaman terhadap materi artikel, munculnya kreativitas dan penalaran kritis, peningkatan iklim dan tradisi akademik serta terbangunnya kreadibilitas bidang kajian yang diminati. Aspek-aspek tersebut telah menumbuhkan kepercayaan mereka untuk menulis artikel di jurnal bereputasi nasional.

Prestasi Publikasi Artikel Mahasiswa Pada Jurnal Bereputasi

Pada tahun akademik 2024, Fakultas Syariah telah mencatat 4 artikel mahasiswa yang telah terpublikasi pada 4 jurnal bereputasi.

  1. Uswatun Hasanah (HES, Semester 7), “Analisis Akad Transaksi Jual Beli pada Anak Usia Dini Persepektif Maslahah”,  (https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/12801) Sinta 3.

  1. Bangkit Wira Malik (HES, Semester 7), “An Islamic Perspective On E-Sport Competition”, https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/islamuna/article/view/13620) Sinta 3

  1. Ummi Nafilah (HTN, Semester 5), “Pendampingan Lembaga Pendidikan Formal Untuk Pemilih Pemula di SMA Al Anwari Tanah Merah Kabupaten Bangkalan”, ( https://fhukum.unpatti.ac.id/jurnal/aiwadthu/article/view/2346 ) Sinta 4.

  1. Uswatun Hasanah (HES,  Semester 7), “Innovation in Distribution of Wealth Through Zakat: Building Shared Prosperity by Applying Tafsir Qs. At-Taubah Verse 60”, (https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlHiwalah/article/view/2568) Sinta 4.

Capaian prestasi publiksi artikel ini menunjukkan prestasi yang sangat luar biasa dan merupakan wujud nyata kolaborasi Dosen Mahasiswa. Karena itu, Dekan Fakultas Syariah IAIN Madura, Prof. Dr. Siti Musawwamah, M. Hum., menyampaikan terima kasih atas beberapa dedikasi dosen yang telah membimbing mahasiswa dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi mahasiswa khususnya dan berharap bahwa kolaborasi semacam ini melahirkan peningkatan tradisi akademik di Fakultas Syariah pada masa-masa yang akan datang.

Model Kolaborasi Dosen Mahasiswa

Dosen mahasiswa adalah model peran dan sumber inspirasi bagi mahasiswa. Melalui pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki, dosen mampu membimbing dan membantu mahasiswa dalam mencapai potensi penuh mereka. Ada beberapa alasan mengapa peran dosen mahasiswa sangat penting, yaitu, pertama, Pembimbing Akademik: Dosen mahasiswa berperan sebagai pembimbing akademik yang membantu mahasiswa dalam memilih mata kuliah, mengatur jadwal studi, dan memberikan saran tentang jalur akademik yang tepat sesuai dengan minat dan tujuan karier mahasiswa. Melalui dialog dan diskusi rutin, dosen mahasiswa dapat memberikan bimbingan yang personal dan membantu mahasiswa mengembangkan rencana belajar yang efektif, kedua, Mentor dan Inspirator: Dosen mahasiswa dapat menjadi mentor dan inspirator bagi mahasiswa. Dengan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan wawasan mereka, dosen dapat menginspirasi mahasiswa untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dan meraih tujuan karier mereka. Dosen yang berperan sebagai mentor dapat memberikan nasihat, memberikan dorongan, dan memberikan arahan yang berharga dalam pengembangan pribadi dan profesional mahasiswa, ketiga, Fasilitator Pembelajaran: Dosen mahasiswa juga bertindak sebagai fasilitator pembelajaran di dalam kelas. Mereka menciptakan tradisi kajian akademik yang inklusif, memotivasi partisipasi aktif, dan merangsang diskusi yang mendalam. Dosen yang mampu menginspirasi minat dan gairah belajar mahasiswa akan menciptakan atmosfer pembelajaran yang produktif dan menumbuhkan pemahaman yang mendalam terhadap materi pembelajaran dan keempat, Kolaborasi dalam Penelitian: Salah satu aspek inovatif dari peran dosen mahasiswa adalah kolaborasi dalam penelitian. Dosen dan mahasiswa dapat bekerja sama dalam proyek penelitian yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam penelitian akademik. Dalam kolaborasi ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan penelitian, menganalisis data, dan berkontribusi pada pengetahuan yang lebih luas di bidang studi mereka.

Kolaborasi Dosen Mahasiswa Dalam Penelitian

Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa memiliki manfaat yang signifikan, baik bagi mahasiswa maupun bagi dosen itu sendiri. Beberapa manfaatnya adalah:

  1. Pengembangan Keterampilan: Kolaborasi dalam penelitian atau proyek-proyek lainnya memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan penelitian, analisis data, kerja tim, dan komunikasi yang efektif. Mahasiswa dapat belajar dari pengalaman langsung dengan bimbingan langsung dari dosen, yang membantu mereka menjadi lebih kompeten dan siap untuk tantangan di dunia profesional.
  2. Peningkatan Kualitas Penelitian: Kolaborasi dengan mahasiswa memberikan kesempatan bagi dosen untuk melibatkan lebih banyak tenaga kerja dalam penelitian mereka. Dosen dapat mendapatkan bantuan dalam pengumpulan data, analisis, dan interpretasi, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas penelitian mereka. Mahasiswa juga dapat membawa perspektif dan ide segar yang dapat memperkaya penelitian yang sedang dilakukan.
  3. Penyebaran Pengetahuan dan Inovasi: Melalui kolaborasi dosen mahasiswa, pengetahuan dan inovasi dapat disebarluaskan ke dalam komunitas akademik yang lebih luas. Hasil penelitian dan proyek kolaboratif dapat dipresentasikan dalam konferensi, dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, atau digunakan sebagai dasar untuk pengembangan praktik terbaik dalam bidang studi tertentu. (dapat ditelusuri pada https:pp.uma.ac.id).