Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

PEMBAHASAN ROAD MAP PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS SYARIAH IAIN MADURA

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Rabu, 22 Februari 2023
  • Bagikan ke

Tridharma PT menjadi kewajiban bagi setiap dosen. Pendidikan dan pengajaran biasanya sudah terprogram dengan baik, sementara penelitian dan pengabdian seringkali dilaksanakan sesuai kesempatan dan dijalankan dengan bebas. Pimpinan IAIN, khususnya Fakultas Syariah mengedesign secara terencana dan terprogram. Untuk mewujudkan program tersebut maka Pimpinan Fasya bersama LPM dan LP2M menyelesaikan program tersebut dengan menyusun Peta Jalan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kegiatan yang digelar hari selasa, 14 Pebruari  2023 merupakan kegiatan bersama antara LP2M dan LPM penyamaan persepsi tentang roadmap yang disusun UPPS dan Prodi dan diselaraskan dengan roadmap milik InstituT (LP2M) yang mencirikan Madura..

Peta Riset dan PkM yang di gagas LP2M merupakan turunan dari visi Rektor IAIN Madura dengan melakukan 2 kali beta riset pada 4 kabupaten dan Kepuluan guna segera mewujukan Institusi Pendidikan Islam yang unggul sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dalam membangun peradaban Nusantara, dengan pendekatan Pertama KITABI, masyarakat Madura memiliki entitas sosial lingkungan fisik yang dipenuhi pesantren dan masjid, implementasi kitabi dalam pengembangan IAIN Madura dengan memberikan landasan yang kuat karakteristis keilmuan Islam pesantren yang moderat dan kultur kehidupan pesantren yang berkontribusi pada kemajuan peradaban bangsa dan negara yang tawashut, tasamuh dan tawazun, menjauhkan diri dari pikiran dan perilaku radikal (moderat dalam pandangan sikap dan tindakan keberagamaan) baik sesama agama ataupun beda agama, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh ulama nusantara. Kedua adalah Madurologi, banyak ungkapan tentang ke-Madura-an yang dilekatkan pada masyarakat Madura seperti; religious, phangrajhe, dan bhengal nompoh, merupakan artikulasi local wisdom atau kearifan lokal yang dapat dikembangkan masyarakat, khususnya mereka yang hidup di Madura dan ataupun yang di luar Madura, sebab kearifan lokal tersebut merupakan spirit etos kerja kemanusiaan Madura sebagai bagian yang tidak terpisahkan untuk dirawat dan dikembangkan dalam membangun Sumberdaya Manusia yang memiliki peran vital ke-Madura-an dalam berkontribusi menciptakan peradaban bangsa atau nusantara yang berkemajuan, sebagaimana diuraikan oleh Ketua LP2M, Masyhur Abadi.

Berdasar sebuah mimpi yang digagas, Fakultas Syariah IAIN Madura menyusun arah Pengembangan Penelitian dan PKM dengan 4 tahapan, sinergi dan kolaborasi Nasional- Asia Tenggara (2022-2026), sinergi dan kolaborasi Asean (2027-2032), sinergi dan kolaborasi Asia-Afrika (2032-2038) dan sinergi dan kolaborasi International (2039-2044).

Dalam konteks relalisasinya, Fasya merumuskan strategi dan jenis pelaksanaan peta risetnya dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, yakni sampai tahun akademik 2026 Berbasi Aplikasi Liabdimas, Aplikasi Sippol, Apliasi Riset Group. Riset Leader Dan Mandiri Tersruktur. Sedangkan strategi dan jenis pelaksanaan peta pkmnya, yaitu PkM berbasis Kemiraan (Pesantren dan Desa), berbasis Monodisiplinear, berbasis Riset, dan berbasis KPM (Terintegrasi KPM). Harapannya adalah agar tenaga pengajar Fakultas Syariah terpanggil untuk istiqamah meneliti dan mengabdi.

Admin Fasya 2023