Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

SEKOLAH LEGISLASI SEMA FASYA 2024: Tantangan Legislator dalam Menyusun Kebijakan yang Inklusif dan Berkeadilan.

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Kamis, 26 September 2024
  • Dilihat 114 Kali
Bagikan ke

Dalam rangka membentuk pemahaman yang lebih mendalam tentang proses legislasi di lembaga DPRD Kabupaten Pamekasan kepada mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Madura, Senat Mahasiswa Fakultas Syariah menyelenggarakan kegiatan pengembangan wawasan diberinama 'Sekolah Legislasi.' Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman praktis tentang peran legislatif dalam sistem pemerintahan bagi mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Madura. Sekolah Legislasi dilaksanakan pada hari Kamis, 26 September 2024 di Gedung Aula Perpustakaan IAIN Madura Lantai 3 dihadiri oleh narasumber Hasyim Asy’ari, selaku anggota DPRD Kabupaten Pamekasan.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diajak untuk memiliki wawasan dan pemahaman berkait langkah-langkah dalam pembuatan undang-undang, mulai dari perumusan ide, penyusunan rancangan undang-undang, teknik persidangan, hingga proses legislasi di lembaga-lembaga pemerintahan. Para mahasiswa diharapkan nantinya, tidak hanya mendengarkan teori, akan tetapi juga pada saatnya dapat terlibat dalam sidang legislatif, dan dapat mengemukakan pandangan, mendebat, dan merumuskan keputusan bersama.

Sekolah Legislasi yang bertemakan “Tantangan Legislator dalam Menyusun Kebijakan yang Inklusif dan Berkeadilan” ini bertujuan untuk mememantik mahasiswa menjadi individu yang punya kepedulian dan berpartisipasi dalam proses demokrasi. Dengan memahami bagaimana hukum dibuat, diimplementasikan dan tantangan-tantangan yang melingkupinya, diharapkan mahasiswa dapat menjadi warga negara yang lebih bertanggung jawab dan terlibat dalam perubahan positif dalam Masyarakat, tegas Ketua SEMA Fasya, Erfan Sikni.

Para peserta memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini, menyatakan bahwa mereka merasa lebih siap dan termotivasi untuk terlibat dalam proses legislasi di masa depan. Inisiatif seperti Sekolah Legislasi diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pemimpin masa depan yang paham dan peduli terhadap proses pembuatan kebijakan di tingkat lokal maupun nasional, sebagaimana ditegaskan oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Madura, Prof. Dr. Hj. Siti Musawwamah, M. Hum.