Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

STAIN Pamekasan Menjadi Tuan Rumah Musyawarah Anggota APSI DPC Madura

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Sabtu, 30 April 2016
  • Bagikan ke

PAMEKASAN Pada Hari ini Kamis, 28 April 2016,  bertempat di  Ruang Sidang  STAIN Pamekasan, telah dilaksanakan Musyawarah Anggota  Asosisi Pengacara Syariah Indonesia  Dewan Pimpinan  Cabang Madura dengan dihadiri oleh Advokat, Praktisi Hukum, Perwakilan Peguruan tinggi di Madura, tujuannya  untuk bermusyawarah guna merevetalisasi organisasi  APSI Pamekasan yang sudah ada sejak tahun 2004. Dalam sambutannya Bapak Ketua STAIN Pamekasan Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd menyatakan bahwa Advokat  adalah profesi yang terhormat (officium Nobile)  sebagai salah satu unsur penegak hukum yang mengabdi kepada bangsa dan Negara untuk memberikan bantuan dan pelayanan hukum demi terwujudnya kepastian hukum, keadilan dan kebenaran berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang 1945 serta keberadaan selalu dibutuhkan berbeda dengan lowongan Aparatur Sipil Negara  yang tergantung kepada kebijakan dan ketersediaan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Pelaksanaan MUSCAB APSI ini didasarkan pada surat DPW APSI Jawa Timur No. 02/APSI-JATIM/SK/III/2016 tentang Pembentukan Dewan Pimpinan Cabang Baru. Dalam Muscab di hasilkan beberapa poin penting yaitu: Pembentukan Dewan Pimpinan Cabang Baru sesuai surat DPW APSI Jawa dengan Nama DPC APSI  Madura, dan terpilih sebagai formatur dalam forum ini Bapak Sulaisi, S.H.I., M.I.P (Ketua Formatur /Advokat/Dosen Dosen Fakultas Syariah STAIN Pamekasan), Bapak Achmad Rifai, SH, M.Hum (Wakil Ketua/Advokat/Dosen Fakultas Hukum Universitas Madura); dan Bapak Adiyono, S.HI, M.HI (Seketaris/Advokat/Dosen Fakultas Ilmu Keislaman Universitas Negeri Trunojoyo Bangkalan) yang selanjutnya akan menyusun kepengurusan secara lengkap sesuai dengan ketentuan DPP APSI. 

APSI diharapkan menjadi wadah kerjasama perguruan tinggi khususnya jurusan syariah STAIN Pamekasan dengan PEMKAB, Pengadilan, Intitusi-institusi penegak hukum di Madura dalam memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu selain itu sebagai wahana melatih mahasiswa dan alumni Jurusan Syariah untuk berpraktik Advokat di lembaga Pengadilan Negeri atau Pengadilan Agama. Semoga APSI  berkontribusi dalam mewujudkan keadilan dan menjaga marwah Penegakkan hukum di Madura.