Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fasya@iainmadura.ac.id

LOKAKARYA NASIONAL PENYELARASAN KURIKULUM DAN IMPLEMENTASI MBKM FAKULTAS SYARIAH & HUKUM SE-INDONESIA

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Syariah
  • Kamis, 7 Juli 2022
  • Bagikan ke

Lokakarya Nasional ini diinisiasi oleh Forum Dekan FASYA & HUKUM PTKIN Se Indonesia Bekerjasama dengan FASYA IAIN Kendari, yang digelar pada hari selasa sampai kamis, 5-7 Juli 2022 di Hotel Claro Kendari. Dalam sambutannya, ketua ForDek, Prof. Dr. A. Tholabi Kharlie, berharap kegiatan ini dapat menghasilkan pedoman implementatif mendukung kebijakan "Mas Menteri" yakni MBKM.

Kegiatan lokakarya ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, yang diwakili oleh Asisten I Sekretaris Daerah Sulteng. Hal yang luar biasa adalah forum Forum Dekan Fakultas Syariah dihadiri oleh 46 Fakultas Syariah PTKIN Se Indonesia. Para Dekan Fasya hadir Bersama Wakil Dekan dan Ketua Program Studi.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fasya IAIN Madura hadir dalam lokakarya tersebut seorang sendiri. Dalam pertemuan tersebut, Fakultas Syariah IAIN Madura menawarkan mata kuliah yang memiliki kekhasan dengan muatan kebijakan lokal. Harapannya adalah mata kuliah-mata kuliah tersebut dapat memberi daya tarik bagi mahasiswa PTKIN luar datang ke Madura.

Hari kedua kegiatan ini mengeskplorasi draft pedoman implementasi sekaligus aplikasi Permata yang akan diberlakukan. Diawali oleh Dr. Umiatso, M. Pd. yang menjelaskan tentang pedoman penyelengaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kemudian, secara implementatif, oleh Dr. Harris Simaremare menggambarkan tentang manajemen dalam aplikasi Permata PTKIN yang mewadahi seluruh mata kuliah yang akan digelar oleh Fakultas Syariah seluruh Indonesia.

Di akhir sesi, Ketua Forum Dekan memimpin lokakarya ini, mendiskusikan langkah-langkah implementasinya dengan beberapa kesepakatan, diantaranya adalah Forum Dekan Fakultas Syariah bersepakat untuk memberikan kesempatan secara sama bagi seluruh mahasiswa untuk mengikuti kuliah di seluruh Fakultas Syariah di manapun sesuai yang ditawarkan oleh Fakultas Syariah sesuai kalender akademik masing-masing PTKIN. Akhirnya kegiatan ini dipungkasi dengan penanda tanganan kerjasama dan kesepakatan para Dekan Fakultas Syariah dan Hukum. Rangkaian akhir pertemuan ini ditutup oleh  Wali Kota Kendari di Pendopo Wali Kota Kendari. Semoga lokakarya ini dapat memberi manfaat bagi perkembangan Fakultas Syariah PTKIN seluruh Indonesia.

@adminfasya